Kamis, 08 April 2010

Cara bermain Skate

Skateboard adalah olahraga yang ditemukan di Amerika Serikat. Skateboard bukanlah olahraga yang sulit, karena banyak orang beranggapan bahwa skateboard bisa menimbulkan cidera yang parah. Padahal bila kita melakukannya dengan benar, dan menggunakan pelindung, skateboard adalah olahraga yang menantang dan mengasyikan!

Harga skateboard memang cukup mahal, harganya berkisar antara Rp 500.000,00 sampai Rp 10.000.000,00. Tetapi perawatan skateboard tidaklah begitu sulit.

Pertama-tama, bila kita ingin bermain skateboard, gunakanlah sepatu khusus skateboard. Biasanya sepatu tersebut agak sedikit tebal untuk melindungi kaki.

Kedua, gunakanlah helm dan pelindung siku untuk melindungi bagian-bagian yang rawan seandainya kita terjatuh. Setelah itu lakukan stretching atau pemanasan supaya tidak mengalami kram otot. Setelah itu, kalian bisa memulai permainan skateboard.

Trik yang paling mudah untuk pemula adalah meluncur. Posisi badan harus benar. Yaitu posisi badan yang lurus. Posisi kaki kiri berada dibelakang (tail) skateboard. Sedangkan kaki kanan berada ditengah-tengah. Dan sebaliknya jika Kamu kidal.

Selanjutnya, untuk pemula adalah melompat, atau sering disebut dengan Ollie. Cara melakukannya adalah menekan bagian belakang skateboard (tail) dengan kaki kiri, setelah itu tendangkan kaki kanan ke bagian depan skateboard (nose). Semakin kuat Kamu menekan bagian tail dari skateboard, maka semakin tinggi juga lompatan atau Ollie yang dapat Kamu lakukan.

Untuk berlatih Ollie, Kamu bisa berlatih dengan melompati batu, kursi, atau meja sekalipun. Jika Kamu sudah menguasai kedua trik tersebut, Kamu akan mudah untuk melakukan trik-trik yang lebih sulit, seperti kick-flip atau memutarkan skateboard 180 derajat dengan menggunakan tendangan kaki. Backside atau melompat sambil membalikan badan, dan trik yang paling sulit adalah Grind atau menjalankan skateboard diatas satu batang besi yang bulat.

Walaupun skateboard adalah salah satu olahraga yang mengasyikan, banyak sekali yang menentang skateboard. Bahkan ada yang berbicara bahwa skateboard sangat berbahaya dan dapat merusak. Seperti halnya di SMP U@, siswa dilarang bermain skateboard. Padahal skateboard dapat mengembangkan potensi dalam diri para siswa. Maka dari itu, tetaplah bermain skateboard! Karena skateboard bukanlah kriminalitas!!

2 komentar: